Diklat Teknis Asesor Bidang Ketenagalistrikan

TeknisAparaturRupiah MurniKompetensi

48 Jam Pelajaran


Tujuan

Untuk menghasilkan tenaga yang mampu melaksanakan tugas  sebagai asesor di bidang ketenagalistrikan sesuai dengan peraturan yang berlaku

Sasaran

Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini peserta  mampu memahami regulasi ketenagalistrikan, panduan mutu, standar kompetensi asesor, standar kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan, standar latih kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan, metodologi asesmen, dan melaksanakan simulasi

Prasyarat

Peserta minimal D3 dan memil i ki pengalaman sesuai bidang masing-masing yang dibuktikan dengan sertifikat/CV

Kurikulum

A.TEORI
1. Regulasi Ketenagalistrikan
1.1 Peraturan Perundang-undangan
1.1.1 Undang-undang
1.1.2 Peraturan Pemerintah
1.1.3 Peraturan Menteri
1.2 Standardisasi Ketenagalistrikan
1.2.1 Standar Peralatan
1.2.2 Standar Kompetensi
1.2.3 PUil 2000 (SK 2013)
1.3 Keselamatan Ketenagalistrikan
1.3.1 Keandalan
1.3.2 Keamanan
1.3.3 Ramah Lingkungan
1.4 Akreditasi dan Sertifikasi
1.4.1 Sertifikasi Badan Usaha
1.4.2 Sertifikasi lnstalasi Tenaga Listrik
1.4.3 Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik
2. Panduan Mutu (IS0:17024)
2.1. Manual Mutu Asesmen Kompetensi
2.2 Manual Mutu Asesor
2.3 Manual Mutu Pemantauan
3.Standar Kompetensi Asesor
3.1 Pengertian Standar Asesor Kompetensi
3.2 Penyusunan Standar Kompetensi Asesor
4. Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
4.1 Pengertian Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
4.2 Penyusunan Standar Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
5. Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
5.1 Pengertian Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
5.2 Penyusunan Standar Latih Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan
6. Metodologi Asesmen
6.1 Pendahuluan
6.1.1 Definisi Asesmen
6.1.2 Tujuan Asesmen
6.1.3 Jenis-Jenis Asesmen
6.1.4 Prinsip Asesmen
6.1.5 Proses Asesmen
6.1.6 Batasan Waktu Uji dan Kritikal Aspek yang Akan di Ases
6.1.7 Pengisian formulir ABCD
6.2 Uji Tertulis
6.2.1 Prinsip Uji Tulis
6.2.1.1 Uraian
6.2.1.2 Pilihan ganda
6.2.2 Teknis Uji Tulis
6.2.1.3 Benar salah
6.2.1.4 Menjodohkan
6.2.1.5 Penandaan
6.2.3 Penilaian Uji Tulis
6.3 Uji Lisan
6.3.1 Prinsip Uji Lisan
6.3.2 Teknis Uji Lisan
6.3.2.1 Teknik Wawancara Asesmen
6.3.2.2 Teknik Mendengarkan
6.3.2.3 Komunikasi Verbaldan Non Verbal
6.3.3 Penilaian Uji Lisan
6.4 Observasi
6.4.1 Prinsip Observasi
6.4.2 Teknik Observasi
6.4.3 Penilaian Observasi
B. SIMULASI
1. Pengidentifikasian dan Penjelasan Konteks Penilaian
1.1 Pengidentifikasian Unit Kompetensi yang akan digunakan dan pemberian informasi dengan jelas kepada para asesi sesuai dengan Standar Kompetensi.
1.2 Pendiskusian konteks serta tujuan penilaian dan penyepakatan bersama .
1.3 Penjelasan prosedur penilaian sesuai dengan slstem penilaian.
2. Perencanaan dan Persiapan Pola Asesmen
2.1 Pengidentifikasian sumber daya yang diperlukan untuk asesmen sesuai spesifikasi tugas/pekerjaan .
2.2 Pembuatan soal uji tertulis sesuai dengan level kompetensi.
2.3 Pembuatan soal uji lisan sesuai dengan level kompetensi.
2.4 Pembuatan eek lis uji praktik sesuai level kompetensi.
2.5 Persiapan formulir asesmen.
2.6 Penempatan rancangan asesmen di tempat kerja sesuai format standar  yang berlaku .
2.7 Penginterpretasian perlengkapan kerja untuk asesmen (data , SOP, lnstruksi Kerja) sesuai dengan unjuk kerja yang diharapkan dalam standar kompetensi.
3. Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Secara Menyeluruh
3.1 Penggunaan formulir asesmen.
3.2 Penggunaan perlengkapan kerja untuk asesmen .
3.3 Persiapan tempat uji sesuai dengan keperluan dan prosedur asesmen .
3.4 Pengumpulan bukti uji sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya .
3.5 Pembandingan bukti uji hasil asesmen dengan standar kompetensi .
4. Pembuatan Keputusan Penilaian
4.1 Pengevaluasian bukti berdasarkan validitas, otentik , kekinian dan kecukupan.
4.2 Pengevaluasian bukti berdasar kan keterampilan melaksanakan tugas, keterampilan mengelola sejumlah tugas, keterampilan menangani masalah , keterampilan memelihara lingkungan dan kemampuan mengadaptasi pengetahuan.
4.3 Penyepakatan hasil evaluasi tim asesor untuk diputuskan .
5. Pencatatan Hasil Penilaian
5.1 Pencatatan hasil penilaian dengan akurat.
5.2 Penjagaan kerahasiaan hasil penilaian .
6.Pemberian Umpan Balik kepada Peserta Asesi  
6.1 Penyampaian umpan balik yang jelas dan membangun kepada peserta asesi dengan menggunakan bahasa dan cara yang tepat.
6.2 Penginformasian kesenjangan kompetensi yang dimiliki asesi.
6.3 Penginformasian penjelasan untuk mengulang asesmen terhadap kesenjangan kompetensi kepada peserta asesi .
6.4 Penginformasian penjelasan terhadap mekanisme proses banding kepada peserta asesi.
7. Pembuatan Laporan Pelaksanaan dan Keputusan Asesmen
7.1 Pembuatan laporan pelaksanaan dan keputusan asesmen sesuai dengan format dan prosedur yang ditetapkan .
7.2 Pencatatan penolakan atas keputusan.
7.3 Pengusulan saran untuk perbaikan dalam proses penilaian .  



JadwalPengelolaOptions
27 s.d 29 April 2016Dara Gunti
Sudah Selesai
21 s.d 25 Juni 2016Dara Gunti
Sudah Selesai
17 s.d 21 Oktober 2016Rifka Sofianita
Sudah Selesai
21 s.d 25 November 2016Rifka Sofianita
Sudah Selesai
7 s.d 11 Agustus 2017Ahmad Hizqil
Sudah Selesai
17 s.d 20 Oktober 2017
Sudah Selesai