Diklat Teknis Asesor Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik

TeknisAparaturRupiah MurniKompetensi

Jam Pelajaran


Tujuan

Untuk menghasilkan tenaga asesor ketenagalistrikan yang memiliki kompetensi di bidang pelaksanaan asesmen Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik.

Sasaran

Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini peserta mampu menetapkan bukti yang dibutuhkan sesuai konteks yang akan diases, menetapkan instrumen asesmen yang sesuai, mengidentifikasi dan menjelaskan metode asesmen, membuat perencanaan asesmen, mengorganisir asesmen, mengumpulkan bukti, membuat keputusan asesmen, merekam hasil asesmen, memberikan umpan balik kepada terases serta melaporkan pelaksanaan asesmen.

Prasyarat

Kurikulum

A TEORI
1. Standar Kinerja Industri, Perusahaan dan Pedoman Asesmen.
1.1 Standard Operation Procedure (SOP) Pengoperasian
1.2 Panduan Mutu Asesmen
2. Regulasi Ketenagalistrikan Terkait Asesor Kompetensi
2.1 Peraturan Keselamatan Ketenagalistrikan
2.2 Peraturan Sertifikasi Kompetensi
2.3 Kode Etik Asesor
3. Sistem Manajemen Mutu
3.1 Sistem Manajemen K3 (SMK3)
3.2 Sistem Manajemen Mutu dan Lingkungan Perusahaan
- ISO 9001
- ISO 14001
4. Prinsip-Prinsip Asesmen
4.1 Reliabilitas
4.2 Validitas
4.3 Fleksibilitas
4.4 Keaslian
4.5 Kecukupan
4.6 Konsistensi
5. Standar Kompetensi Profesi dan Pelatihan Kompetensi Bidang Pembangkit Tenaga Listrik
5.1 Standar Kompetensi Profesi (SKP)
5.1.1 Standar Kompetensi yang Terkait dengan Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA, PLTU dan PLTP)
5.1.2 Standar Kompetensi Asesor yang Terkait dengan Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik (Pl TA, PLTU dan PLTP)
5.2 Standar Latih Kompetensi (SLK)
5.2.1. Standar Latih Kompetensi yang Terkait dengan Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA, PLTU dan PLTP)
5.2.2. Standar Latih Kompetensi Asesor yang Terkait dengan Pengoperasian Pembangkit Tenaga Listrik (PLTA, PLTU dan PLTP)
6. Metode Asesmen
6.1 Uji Portofolio
6.2 Uji Tulis
6.3 Uji Lisan
6.4 Uji Praktik
7. Perencanaan Kerja Mandiri
7.1 Perencanaan Asesmen
7.2 Pelaksanaan Asesmen
7.3 Ruang Lingkup Pengujian/ Asesmen
7.4 Tujuan Asesmen
7.5 Lingkungan Asesmen
7.6 Sumber Daya Asesmen
8. Kemampuan Komunikasi Dalam Mengases
8.1 Komunikasi Efektif
8.2 Komunikasi Verbal dan Nonverbal
8.3 Pemahaman Tulisan, Simbol, dan Angka
9.Menyiapkan Dokumen Uji
9.1 Perencanaan
9.2 Pelaksanaan
9.3 Pelaporan

JadwalPengelolaOptions
19 s.d 24 Maret 2018
Sudah Selesai