Roadmap Pengembangan SDM Subsektor Ketenagalistrikan

" Sebagai salah satu rangkaian dari Kegiatan Sharing Session Peningkatan Kompetensi SDM Bidang Keselam "
davin

Sebagai salah satu rangkaian dari Kegiatan Sharing Session Peningkatan Kompetensi SDM Bidang Keselamatan Ketenagalistrikan dan Manajemen Energi di Industri Pembangkit, Kepala BPSDM ESDM, Prof.Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja, Ph.D. memaparkan presentasi terkait Roadmap Pengembangan SDM Sub Sektor Ketenagalistrikan.

Menurut Pak Wiratmaja, keselamatan di sektor ketenagalistrikan mungkin harus dikampanyekan terus, bahkan jika sampai terjadi fatality perlu dibuat menjadi heboh. Beliau melanjutkan tentang bagaimana pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan, dimana sampai dengan tahun 2028, total kapasitas pembangkit yang akan dibangun adalah sebesar 56.395 MW, transmisi tenaga listrik sepanjang 57.293 kms, dan gardu induk sebesar 124.341 MVA. Terkait pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut, beliau memaparkan bagaimana proyeksi kebutuhan SDM Subsektor Ketenagalistrikan dan KEBTKE. Selanjutnya beliau memperkenalkan bagaimana Skema Sertifikasi Kompetensi, Pelatihan, Fasilitas dan Peralatan yang telah tersedia di PPSDM KEBTKE, Migas dan Geominerba

Sebagai penutup, Pak Wiratmaja sedikit mengingatkan akan Undang Undang No. 30/2009 tentang Ketenagalistrikan. Beliau menekankan bahwa Setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan.


Penerbit : davin - 2019-03-29 15:35:44