PPSDM KEBTKE MEMBERIKAN PELATIHAN SEKALIGUS MENSERTIFIKASIKAN OPERATOR PLTS BAGI MASYARAKAT ANGKATAN

" PPSDM KEBTKE MEMBERIKAN PELATIHAN SEKALIGUS MENSERTIFIKASIKAN OPERATOR PLTS BAGI MASYARAKAT ANGKATAN "
sri asih

PPSDM KEBTKE MEMBERIKAN PELATIHAN SEKALIGUS MENSERTIFIKASIKAN OPERATOR PLTS BAGI MASYARAKAT ANGKATAN PERTAMA TAHUN 2020

Senin, 03 Februari 2020

PPSDM KEBTKE melaksanakan Diklat Teknis dan Sertifikasi  PLTS Terpusat Bagi Operator pada tanggal 03 sampai dengan 15 Februari 2020, diikuti 15 orang peserta yang terdiri dari masyarakat Provinsi  Sulawesi Tenggara, masyarakat Provinsi Kalimantan Timur, dan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di kampus Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) Jalan Poncol Raya No.39, Ciracas, Jakarta Timur.

Tujuan Pelatihan PLTS Terpusat Bagi Operator untuk menghasilkan Operator yang mampu mengoperasikan dan memelihara PLTS terpusat, serta mengelola kelembagaan yang sudah dibangun dan atau akan dibangun.

Laode Sulaeman selaku Kepala Pusat Pengembangan SDM Ketenagalistrikan EBTKE menyampaikan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat adalah pembangkit listrik untuk sekelompok masyarakat. Perangkat PLTS dipasang di satu tempat, kemudian didistribusikan ke melalui jaringan listrik ke masing-masing rumah. Dapat dikombinasikan dengan sumber daya lain seperti genset atau sumber energi lainnya. Pembangunan perekonomian sedikit banyak akan ditentukan oleh pengembangan energi dan infrastrukturnya. Salah satu bentuk pengembangan energi adalah kebijakan pemerintah dalam hal diversifikasi pemanfaatan sumber energi. Salah satunya pemanfaatan sumber energi yang bersumber dari Tenaga Surya. Pemerintah telah menjalankan program pengembangan PLTS di seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang terisolasi dari jaringan listrik atau kita kenal dengan sistem off-grid. Suksesnya program pemerintah tersebut tidak lepas dari kompetensi sumber daya manusia yang nantinya akan mengelola sistem PLTS yang sudah dibangun dan pengembangan lebih lanjut. Pelaksanaan Diklat Teknis dan Sertifikasi PLTS Tepusat Bagi Operator saat ini merupakan angkatan ke Pertama pada tahun anggaran 2020 tambahnya.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kegiatan ini sekaligus menjadi bukti bahwa Kementerian ESDM melalui BLU PPSDM KEBTKE dapat memberikan layanan pelatihan dan sertifikasi.

 

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi.

COME & JOIN US!!!

PPSDM KEBTKE YOUR FUTURE ENERGY PARTNER

Informasi pelatihan, sertifikasi, dan jasa umum:

Sdr. Nico HP. 08118123490

Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id

Web http: //diklat.ppsdmkebtke.esdm.go.id

(SA)


Penerbit : sri asih - 2020-02-03 11:31:55
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.