Headline: PPSDM KEBTKE Bekerja Sama dengan Pemerintah New Ze ... Untuk menentukan kebutuhan pelatihan oleh Industri ... May Day! May Day! Kampus Ciracas On Fire!!! ... Materi Sharing Session Peningkatan Kompetensi SDM ... Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara PPSDM ... POLA PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM ESDM YANG “KIKU ... Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Diklat Se ... Roadmap Pengembangan SDM Subsektor Ketenagalistrik ... Bimbingan Teknis Online Single Submission (OSS) un ... Diklat Teknis Pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan ... DIKLAT TEKNIS DAN UJI KOMPETENSI PEMERIKSAAN DAN ... Foging di PPSDM KEBTKE ... DIKLAT TEKNIS DAN SERTIFIKASI AUDITOR ENERGI PADA ... PPSDM KEBTKE bekerja sama dengan Wahana dalam Prog ... Uji Kompetensi Pengoperasi PLTD ... Mari Membaca…. ... Audit ENERGI ??? ... Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan, Sertifik ... Acara Pisah sambut Kepala PPSDM KEBTKE ... PPSDM KEBTKE Penyelenggaraan uji kompetensi, serti ... PPDSM KEBTKE sebagai Narasumber pada acara Kampany ... Penghargaan Gedung Hemat Energi ... INPASSING JFT INSPEKTUR KETENAGALISTRIKAN ... Pengarahan Kepala PPSDM KEBTKE ... BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN RUKAD DAN RUPTL ... DIKLAT TEKNIS PEMELIHARAAN PLTA ... BIMBINGAN TEKNIS ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) UN ... PELATIHAN DAN SERTIFIKASI AUDITOR ENERGI PADA IND ... Hasil Survey Kepuasan Masyarakat PPSDM KEBTKE 2018 ... MOU PPSDM KEBTKE - UNIVERSITAS MALIKUSSALEH, DAERA ... PPSDM KEBTKE MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI DENGAN Z ... PENYELENGGARAAN DIKLAT PPSDM KEBTKE ... Uji Sertifikasi tenaga teknik bidang PLTU dan PLTD ... Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Pembangkit Ten ... Happy Lebaran Day, With Love from PPSDM KEBTKE ... Keluarga besar PPSDM KEBTKE mengucapkan Selamat Ha ... Kembali Fitri, Semangat Silaturahim PPSDM KEBTKE ... Uji Sertifikasi Tenaga Teknik Bidang PLTD ... Jadwal Diklat Juli 2019 ... Pelatihan & Sertifikasi Integrated Solar Photovol ... Happy Birthday, Mr. Ignasius Jonan ... Diklat dan Sertifikasi/Uji Kompetensi di PPSDM KEB ... Diklat dan Sertifikasi/Uji Kompetensi di PPSDM KEB ... Pembukaan Uji Kompetensi dan Penandatangan Kerja S ... Uji Kompetensi Pelaksana Madya Pengoperasian PLTD ... Pelaksanaan Diklat dan Sertifikasi Ujikompetensi ... Uji Kompetensi Tenaga Teknik Bidang Distribusi Ten ... PT. Pertamina (Persero): Teladan dalam pengembanga ... MELATIHKAN PEGAWAI ANDA DI PPSDM KEBTKE: KOMPETENS ... GOYANG NYETRUM ALA ENERGIZER ... Pelatihan Teknis Perizinan Bidang Ketenagalistrika ... PT. PJB: Partner Masa Depan PPSDM KEBTKE dalam pen ... Diklat Teknis Pengoperasian, Pemeliharaan dan Peng ... PPSDM KEBTKE: Lembaga Pelatihan Berprestasi 2019 ... Pasang PLTS Atap, Tagihan Listrik Lebih Hemat ... Badan Usaha Mitra Masa Depan PPSDM KEBTKE dalam pe ... PPSDM KEBTKE menyelenggarakan kegiatan Donor Darah ... INDONESIA MERDEKA KE-74, PPSDM KEBTKE SEMANGAT DAN ...

POLA PENGEMBANGAN KOMPETENSI SDM ESDM YANG “KIKUK”

" Wakil Menteri ESDM, Ir. Arcandra Tahar, Ph.D mengungkapkan bahwa pola pengembangan kompetensi sumber "
Budhi

Pada kegiatan Sharing Session Peningkatan Kompetensi Bidang Keselamatan Ketenagalistrikan dan Manajemen Energi untuk Independent Power Producer (IPP) di Industri Pembangkit pada tanggal 28 Maret 2019 di Gd. Sarulla Sekretariat Jendral Kementerian ESDM, Wakil Menteri ESDM, Ir. Arcandra Tahar, Ph.D mengungkapkan bahwa pola pengembangan kompetensi sumber daya manusia (SDM) saat ini dalam kondisi yang “kikuk”. Beliau menyampaikan bahwa peningkatan kompetensi dari poin A ke poin B dari SDM yang ada tidak lepas dari 3 pilar yaitu Ilmu (Knowledge), Keterampilan (Skills), dan pengalaman (Experience). Lanjut Pak Arcandra, beda knowledge dengan skills ibarat memiliki sepeda kalau dia tahu apa sepeda kalau belum dicoba kemungkinan jatuhnya tinggi. Jika sudah yakin dengan keterampilannya, bersepeda maka dapat dicoba bersepeda sekitar kompleks, jika ingin ditingkatkan dari satu level ke level lainnya, maka knowledge dan skills ditingkatkan.

Dalam kaitannya dengan momentum penandatangan kerjasama yang telah dibangun oleh melalui Kemitraan PPSDM KEBTKE BPSDM ESDM, diantaranya dengan perguruan tinggi dan unit usaha (8 perguruan tinggi, 2 unit usaha), perlu diperhatikan kompetisi antara pencapaian kompetensi melalui kampus atau melalui sumber online. Tantangan universitas bersaing dengan google saat ini, sumber terkuat pengetahuan dengan melalui  “Syech Google”. Sebagai ilustrasi untuk belajar, dulu harus antri untuk pinjam buku ke perpustakaan, sekarang "only on your fingertips you can find any information", sekedar dengan mengetik dan mengklik yang dicari maka yang dibutuhkan dapat diperoleh.

Sumber Online terbatas pada knowledge, sedangkan perguruan tinggi kuat dengan tersedianya ketiga kompetensi yang dibutuhkan. Dan ini menjadi kekuatan kerjasama antara PPSDM KEBTKE dengan mitranya dalam Kompetensi keselamatan ketenagalistrikan dan manajemen energi melalui sertifikasi. Pengakuan kompetensi dan continual improvement menjadi potensi dalam pengembangan SDM agar lebih luwes dan sesuai kebutuhan. Ilmu bisa dibaca, keterampilan harus dikerjakan, dan tidak ada pengganti untuk pengalaman, harus dijalani seiring waktu. Jadi yang di certified harus punya jam terbang

Sebagai penutup dalam kaitannya dengan pengembangan kompetensi SDM, melalui forum sharing session ini, Wakil Menteri ESDM mengarahkan kepada sekitar 200 peserta dari IPP untuk menggunakan Layanan BPSDM ESDM, melalui PPSDM KEBTKE,  sebagai mitra lembaga anda dalam mencetak kompetensi di bidang keselamatan ketenagalistrikan dan manajemen energi.


Penerbit : Budhi - 2019-03-28 12:20:26
© 2018 Esdm - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. All rights reserved.